Tim Kreatif dalam Kisah Inspirasi Transformasi Keuangan


"Dulu, bagi saya tidak ada yang lebih membahagiakan daripada memiliki atasan yang akomodatif. Namun sejak menjadi eselon IV, kebahagiaan saya bertambah, yaitu jika memiliki tim kreatif yang saling mengisi."

Itu kalimat awal artikel saya untuk lomba Kisah Inspirasi Transformasi yang diselenggarakan kantor. Saya menuliskan kisah seorang teman yang menjadi inspirasi saya mengenai kreativitas dan integritas dalam bekerja. Walaupun saya

penyendiri, namun dalam pekerjaan saya percaya kerja tim yang solid dan saling mengisi. Tidak seorang pun yang sempurna dan setiap orang memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Suatu hal yang menyenangkan bila berkesempatan bekerja dalam tim yang saling mendukung untuk pencapaian bersama. Ini menjadi suatu pengalaman yang berharga. Rupanya naskah tersebut masuk menjadi salah satu dari 35 naskah yang dibukukan.
"Tidak satu orang pun yang sempurna. Saya beruntung memiliki tim yang kreatif, bersemangat tinggi untuk maju dan saling mengisi, rekan-rekan kerja yang profesional dan mendukung, serta tidak kalah penting atasan yang memiliki keyakinan terhadap kami anak buahnya. Seperti dikatakan oleh Albert Einstein, “Creativity is contagious, pass it on.” Kreativitas itu menular, maka berbahagialah kita berada di tengah-tengah orang yang kreatif.

Demikian pula lah salah satu cara Kementerian Keuangan dapat sukses melakukan transformasi kelembagaan. Dengan memberikan stimulus untuk ide dan kreativitas yang membawa pada kemajuan, serta ruang gerak yang cukup untuk mewujudkan dan mengembangkannya. Organisasi Kementerian Keuangan memiliki peran strategis untuk mewujudkan segala rencana pembangunan bangsa di tengah perekonomian dunia yang makin kompetitif. Untuk melaksanakan itu, Kementerian Keuangan semakin dituntut untuk adaptif terhadap perubahan, sehingga mau tidak mau harus terus bergerak maju dan berkembang supaya tidak tertinggal zaman. Dengan tim yang profesional, kreatif, dan saling mengisi, itu semua dapat terwujud
."


First published 28/6/2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar