Ada Sukuk Negara di Sidang Tahunan IDB ke-41 di Jakarta

Ada Sukuk Negara di Sidang Tahunan IDB ke-41 di Jakarta
Pada tanggal 15 - 19 Mei 2016 akan digelar rangkaian acara dalam rangka Sidang Tahunan IDB ke-41 di Jakarta Convention Centre, Jakarta. Sidang Tahunan IDB yang digelar setiap tahun sekali di negara anggota merupakan rapat tahunan para Dewan Gubernur negara-negara anggota Islamic Development Bank (IDB). Sebanyak 56 negara termasuk Indonesia menjadi anggota IDB, institusi keuangan internasional yang didirikan berdasarkan Declaration of Intent pada Konferensi Menteri Keuangan negara-negara muslim di Jeddah pada Desember 1973.

IDB didirikan pada tahun 1975 dengan misi untuk menyediakan pembiayaan sesuai syariah untuk pembangunan ekonomi dan sosial negara-negara anggotanya serta komunitas muslim di luar negara anggota. Fokus IDB selama ini diarahkan pada pengentasan kemiskinan, dengan penyaluran pembiayaan diarahkan pada fasilitas kesehatan dan pendidikan. Semua itu memang menjadi kebutuhan mayoritas negara anggota mengingat banyak di antara mereka yang perekonomiannya masih tertinggal.

Indonesia sebagai negara besar tidak hanya dari segi wilayah namun juga dari segi jumlah penduduk, tercatat pula sebagai salah satu negara anggota G20, yaitu negara-negara dengan magnitude ekonominya terbesar. Namun sebagai negara 'besar', fasilitas infrastruktur Indonesia masih tertinggal. Menurut The Global Competitiveness Report 2014 - 2015 (World Economic Forum), Indonesia menempati urutan ke-72 untuk Infrastructure Competitive Index, dengan infrastruktur listrik, pelabuhan, dan jalan yang masih sangat kurang. Sebagai negara kepulauan, infrastruktur sangat diperlukan demi efektivitas dan efisiensi distribusi ke setiap wilayah, yang pada gilirannya turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah pelosok.  

Di sisi lain, kekuatan dan ketahanan ekonomi suatu negara juga didukung oleh peran warga negaranya. Warga negara yang memiliki kecerdasan finansial akan dapat berkontribusi dalam kegiatan perekonomian suatu negara melalui peran mereka dalam lembaga keuangan. Warga negara dengan kecerdasan finansial juga dapat mengambil tindakan yang rasional dalam kondisi perekonomian negara yang kurang baik. Pada akhirnya roda perekonomian berputar dan sekaligus memiliki kekuatan yang cukup dalam menghadapi krisis. Salah satu program Pemerintah saat ini adalah mewujudkan keuangan inklusif masyarakat Indonesia. Diharapkan seluruh lapisan masyarakat memiliki kecerdasan yang cukup dalam mengambil keputusan finansial, karena peran serta mereka merupakan salah satu faktor ketahanan ekonomi dan nasional yang sifatnya strategis.    

Pembangunan infrastruktur diangkat sebagai salah satu tema tahun ini sejalan dengan fokus Pemerintah yang sedang berupaya menggenjot pembangunan infrastruktur. Salah satu instrumen pembiayaan infrastruktur adalah Sukuk Negara. Indonesia saat ini merupakan frequent issuer Sukuk Negara baik di pasar domestik maupun pasar global. Melalui Sukuk berbasis proyek, diharapkan dapat mendorong pembangunan infrastruktur di dalam negeri dengan sumber pendanaan dari pasar domestik maupun global. Melalui Sukuk Ritel, diharapkan warga negara dapat berpartisipasi langsung dalam kegiatan pembangunan melalui investasinya pada instrumen tersebut. Simak video Pemanfaatan Sukuk untuk Membiayai Pembangunan di sini

Dalam pelaksanaan Sidang Tahunan IDB ke-41 di Jakarta, dilaksanakan pula beberapa kegiatan atau side events. Sebanyak 30 seminar internasional dilaksanakan di area Jakarta Convention Centre. Seminar dapat diikuti berbagai kalangan namun dengan ketentuan harus mendaftar terlebih dahulu melalui website. Sayangnya saat ini pendaftaran via website sudah ditutup. Menurut informasi panitia, kemungkinan masih dapat diterima bagi beberapa pendaftar yang hadir di lokasi. Jadwal kegiatan seminar dapat dilihat di sini. 

Ada lagi kegiatan yang kali ini terbuka untuk umum, yaitu ekshibisi atau pameran. Ekshibisi ini mengangkat tema pembiayaan infrastruktur, keuangan inklusif, inovasi, dan lainnya yang meliputi pariwisata dan pendidikan. Sukuk Negara hadir pula dalam ekshibisi ini di bawah booth Kementerian Keuangan.    

Kunjungi http://www.kemenkeu.go.id/STIDB2016 untuk informasi lebih lanjut mengenai Sidang Tahunan IDB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar