Ketika Material Girl Mengacaukan Stabilitas Sistem Keuangan

Gambar dari sini.
You know that we are living, in a material world, and I am, a material girl…”

Masih terekam jelas dalam memori saya video konser Madonna yang sering diputar oleh kakak-kakak sepupu saya di Bandung pada akhir tahun 1980-an. Madonna dalam konser Material Girl membuat mulut kecil saya ternganga menyaksikan ulahnya di atas panggung. Walau tak dipungkiri saya menikmati musiknya yang interaktif. 


Tak disangka saya kembali dibawa ke memori tersebut puluhan tahun kemudian ketika menonton tayangan dokumenter National Geographic mengenai krisis ekonomi di Amerika. Sekilas ditayangkan bagaimana Madonna dengan hitsnya yang mendunia, Material Girl, membawa trend remaja Amerika masa itu menjadi lebih konsumtif, terutama dalam penggunaan kartu kredit orang tuanya. Beberapa analis mengatakan penggunaan kartu kredit secara berlebihan waktu itu menjadi salah satu faktor penyebab Amerika dirundung resesi di awal tahun 1990-an.

Artikel ini pertama kali dipublikasikan di
kompasiana pada November 2014. Selengkapnya bias dibaca di
sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar